Elemen Programing
Elemen-elemen programing
Bagian program stasiun televisi harus mempertimbangkan berbagai faktor dalam merencanakan program yang akan disiarkannya. Terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum bagian program memutuskan untuk memproduksi, melakukan akuisisi dan kemudian melakukan skeduling terhadap suatu program, yaitu : persaingan, ketersediaan audien.
1)      Analisis dan Strategi Program
Perencanaan program pada dasarnya bertujuan memproduksi atau membeli program yang akan ditawarkan kepada pasar audien. Dengan demikian, audien adalah pasar karenanya setiap media penyiaran yang ingin berhasil harus terlebih dahulu memiliki suatu rencana pemasaran strategis yang berfungsi sebagai panduan dalam menggunakan sumber daya yang dimiliki. Strategi pemasaran ditentukan berdasarkan analisis situasi. Analisis situasi ini terdiri atas: analisis peluang dan analisis kompetitif.
Analisis peluang: analisis yang cermat teradap pasar audien akan memberikan peluang bagi setiap penayangan program untuk diterima para penonton dan pendengar.
Analisis kompetitif: dalam mempersiapkan strategi dan rencana program, pengelola program harus melakukan analisis secara cermat terhadap persaingan stasiun penyiaran dan persaingan program yang ada pada suatu segmen pasar audien.
Peter Pringle (1991) mengemukakan bahwa keberhasilan suatu stasiun televisi dalam melaksanakan programnya akan sangat bergantung pada 3 hal :
- The ability to produce or buy programs with audience appeal.
 - Air them at times when they can be seen by the audience to which they appeal.
 - Build individual programs into a schedule that encourages viewers to tune to the station and remain with it from one program to another.
 
2)      Bauran Program
Salah satu konsep pemasaran penting yang harus dipahami pengelola media penyiaran adalah mengenai bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri atas empat variabel penting : product, price, place, dan promotion.
Produk program : suatu produk yang ditawarkan kepada audien yaang mencakup nama program dan kemasan program. Harga program : harga suatu program yang mencakup biaya produksi program dan biaya yang akan dikenakan kepada pemasang iklan (tarif iklan) pada program bersangkutan jika ditayangkan. Distribusi program : distribusi program yang merupakan proses pengiriman program dari transmisi hingga diterima audien melalui pesawat televisi dan radio. Promosi program : proses bagaimana memberitahu audien mengenai adanya suatu prgram sehingga mereka tertarik untuk menonton atau mendengarkannya.
3)      Faktor Berpengaruh
Terdapat empat hal yang mempengaruhi keputusan perencanaan program yang terdiri dari : audien, pengelola dan pemilik stasiun, pemasang iklan dan sponsor, regulator.
Audien adalah penonton atau pendengar adalah faktor paling penting dan menentukan apakah stasiun penyiaran pada saat melakukan perencanaan programnya perlu memutuskan apakah akan memproduksi atau tidak memproduksi suatu program.
Pengelola stasiun penyiaran adalah mereka yang bertanggung jawab menjalankan atau mengoprasikan stasiun penyiaran dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan bagi kepentingan pemilik stasiun.
4)      Membuat Perencanaan
Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan setiap pengelola media penyiaran ketika membuat perencanaan program, yaitu berpikir seperti pemirsa, pengelola media penyiaran harus mampu meyakinkan pemasang iklan bahwa medianya sangatlah efektif untuk memasarkan suatu produk, pengelola media penyiaran harus menganggap waktu siaran bernilai penting setiap detiknya dan harus menggunakan setiap detik siaran itu dengan mendayagunakan kemampuan dalam menjangkau pemirsa, pengelola media penyiaran berkompetisi untuk merebut waktu orang lain untuk mau menyaksikan acara yang disuguhkan, pengelola media penyiaran lokal harus pula berpikir secara lokal.
5)      Tujuan Program
Mengelola program tidak berbeda dengan memasarkan suatu produk kepada konsumen, keberhasilannya diukur dengan pencapaian atas tujuan atau target yang telah ditetapkan sebelumnya yang mencakup target audien dan target pendapatan. Tujuan program adalah untuk menarik dan mendapatkan sebanyak mungkin audien. Tujuan utama televisi komersial pada umumnya adalah untuk mendapatkan audien sebanyak – banyaknya guna menarik pemasang iklan. Ada 5 tujuan penayangan suatu program di televisi komersial yaitu : mendapatkan sebanyak mungkin audien, target audien tertentu, prestise, penghargaan, dan kepentingan publik.
6)      Faktor Program
Faktor program membahas hal – hal yang harus diketahui atau dipahami terlebih dahulu oleh pengelola program sebelum membuat keputusan perencanaan program. Dalam hal ini terdapat beberapa hal yang harus diperhitungkan sebelm memutuskan untuk memproduksi, akuisisi, dan scheduling suatu program. Peter Pringle (1991) mengemukakan bebrapa faktor terpenting sebagai berikut : persaingan, ketersediaan audien, kebiasaan audien, aliran audien, ketertarikan audien, ketertarikan pemasang iklan, anggaran, ketersediaan program, produksi sendiri.
Komentar
Posting Komentar